jatiluwih

jatiluwih

Selasa, 08 Maret 2011

pengertian etnis

OM SWASTIASTU
selamat malam saudaraku semua, saya hanya mencoba menggolongkan tipe penduduk yang ada di Bali, berdasarkan pengertian saya sendiri, saya mohon bimbingan, masukan, kritik dan saran. saya harap bisa memberikan sumbangsih pendefinisian penduduk Bali.

Ras: sebuah tipe/penggolongan manusia yang didasarkan pada ciri fisik dan genetik yang dimiliki. Pada masa kini untuk mengetahui ras seseorang secara pasti, hanya bisa dilakukan dan atau diketahui dengan tes dna. Hal ini dikarenakan ciri-ciri fisik tidak lagi mencukupi, karena efek dari pernikahan antar ras.

Efek dari pernikahan antar ras sendiri menyebabkan susahnya menentukan kemurnian ras seseorang dan membuat ras baru (ras campuran)

Etnis:golongan atau kelompok masyarakat berdasarkan kesamaan ciri-ciri budaya yang dimiliki. Etnis bisa terbentuk dari berbagai macam ras, suku, bahkan etnis yang berbeda,

untuk membatasi permasalahan kependudukan yang berkaitan dengan sosio kultural masyarakat dibali, maka perlu adanya definisi yang jelas tentang, etnis, orang, penduduk.

Etnis Bali:golongan atau kelompok masyarakat yang memiliki kesamaaan ciri budaya khas bali. Keetnisan seseorang yang kawin campur antar etnis ditentukan oleh faktor perkawinan patrilineal, dimana perempuan mengikuti suami, terkecuali dalam kasus-kasus tertentu, misalnya nyentana.

Untuk lebih jelasnya, akan dipaparkan dalam contoh berikut.

Jika seorang perempuan sunda menikah dengan lelaki etnis bali, secara otomatis dia menjadi seorang etnis bali, menjadi bagian yang integral dari etnis bali.

Demikian juga sebaliknya, jika perempuan bali menikah dengan orang sunda,

Orang Bali: orang-orang yang bertempat tinggal dibali selama beberapa keturunan, sudah mulai kehilangan budaya asalnya dan memiliki ikatan historis langsung dengan kerajaan-kerajaan bali pada masa lampau.

Kenapa harus ikatan historis langsung? Karena pada masa itu bali masih merupakan sebuah wilayah yang merdeka, dimana mobilitas penduduk ditenntukan oleh raja dengan tujuan2 khusus, dan adanya waktu yang panjang, yang menjadikannya mulai terintegrasi dengan budaya bali, etnis bali.

Tujuan ini juga untuk membatasi bahwa tidak semua orang yang tinggal dibali adalah orang bali.

Penduduk Bali:semua orang yang bertempat tinggal di bali.

Disini saya akan mencoba membuat pengertian tentang pendatang.

Pendatang:orang-orang non etnis bali dan non orang bali yang datang pasca kemerdekaan dan tidak memiliki ikatan histories dengan kerajaan-kerajaan yang ada dibali.

demikian lah pengertian yang saya buat.

OM SANTI SANTI SANTI OM

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More