jatiluwih

jatiluwih

Rabu, 01 Juni 2011

pancasila sebagai sebuah ideologi akternatif

pancasila menjadi ideologi alternative diantara berkembangnya ideologi yang ada di dunia
Pada setiap masa ada pertempuran 2 ideologi yang berbeda. Pada masa perang dunia II, terdapat peperangan antara ideologi komunisme, demokrasi vs ideologi fasisme, yang kemudian dimenangkan ideologi komunisme dan demokrasi yang diwakili oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet.
Peperangan ideologi ini kemudian berlanjut pada masa perang dingin, antara demokrasi (Amerika) dengan sosialisme komunisme (Uni Soviet). Peperangan ideologi ini, dimenangkan oleh demokrasi dimana Uni Soviet akhirnya runtuh, dan paham demokrasi berkembang ke seluruh dunia. Pada masa perang dingin ini, timbul sebuah gerakan, yang menyatakan dirinya netral, tidak memihak demokrasi, dan juga sosialisme komunisme. Gerakan ini disebut dengan gerakan non blok yang dideklarasikan di Bandung pada tahun 1955. Gerakan non blok yang kemudian disingkat GNB, merupakan sebuah gerakan jalan ketiga, sebuah gerakan alternative yang menjadi jalan tengah antara peperangan dua ideologi besar yang ada pada masa itu.
GNB merupakan perkumpulan negara-negara diseluruh dunia yang memiliki pandangan keadaan dunia pada saat itu, walaupun memiliki ideologi yang sangat berbeda. Pada masa itu, Indonesia dengan ideologi pancasilanya mulai dikenal didunia internasional sebagai sebuah (calon) pemimpin dunia. Pancasila sebagai sebuah ideologi negara tentunya memiliki peranan besar dalam menjadikan Indonesia sebagai sebuah negara besar.
Pancasila merupakan sebuah ideologi yang unik yang pernah dihasilkan suatu bangsa. Dikatakan unik karena ideologi pancasila merupakan sebuah hasil kompromi pemikiran-pemikiran yang ada pada saat itu. Sebuah pemikiran yang lahir dari semangat multikulturalisme yang ada diindonesia. Pancasila bukan demokrasi kapitalisme, tapi mengandung nilai-nilai demokrasi didalamnya. Pancasila juga bukan sosialisme komunisme, tapi nilai-nilai sosialis sangat jelas terpapar dalam dirinya. Pancasila bisa dikatakan adalah sebuah ideologi alternative yang ada. Sebagai sebuah ideologi ketiga, menjadi jalan keluar dari peperangan ideologi yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More