jatiluwih

jatiluwih

Rabu, 27 Juli 2011

Kamen Rider History

Serial Kamen Rider atau dalam bahasa Jepang aslinya Kamen Rider Series (仮面ライダーシリーズ Kamen Raidā Shirīzu?, terjemahan resmi: Masked Rider Series)--sempat diterjemahkan menjadi "Ksatria Baja" ketika ditayangkan di Indonesia--adalah judul kolektif untuk semua serial tokusatsu produksi Toei dan Ishinomori Productions yang menampilkan berbagai jenis Henshin dan Seni bela diri. Pertama kali mengudara di stasiun televisi Jepang pada tahun 1971, serial Kamen Rider merupakan salah satu tokutsasu yang paling dikenal selain Serial Super Sentai dan Serial Metal Hero.

Kamen Rider awalnya diciptakan oleh seorang mangaka bernama Shotaro Ishinomori (1938 - 1998) yang juga creator dari Kikaider, Roboto Keiji, Inazuman, Cyborg 009, Skull Man.

Pada awalnya serial Kamen Rider ini merupakan adaptasi dari Skull Man, sebelum pada akhirnya desainnya dirubah ulang menjadi bentuk belalang oleh Ishinomori Shotaru, dan desain belalang itu dipilih oleh anaknya sendiri.
  Pada tahun 1971, serial Kamen Rider dimulai dengan kemunculan Kamen Rider Ichigo/Nigo, yang menjadi pionir dari serial Kamen Rider ini di era Showa. sampai akhirnya menjadi Franchise dan melahirkan berbagai macam serial Kamen Rider lainnya.

List Kamen Rider era Showa (TV series) :
1. Kamen Rider (Kamen Rider Ichigo & Nigo)
2. Kamen Rider V3 (plus Rider Man)
3. Kamen Rider X
4. Kamen Rider Amazon
5. Kamen Rider Stronger
6. Kamen Rider (Skyrider)
7. Kamen Rider Super-1
8. Kamen Rider ZX (TV special)
9. Kamen Rider Black
10. Kamen Rider Black RX

Setelah serial Kamen Rider Black RX, serial ini sempat vakum dan hanya keluar dalam bentuk movie
1. Shin Kamen Rider
2. Kamen Rider ZO
3. Kamen Rider J

dan setelah vakum beberapa tahun, pada tahun 1997 shotaro membuat kamen rider rebirth project. yang pada awalnya direncanakan akan tayang untuk acara 30 tahun kamen rider sebagai pembangkit serial ini, tetapi shotaro meninggal pada tahun 1998 dan tidak bisa menyaksikan acaranya ditayangkan. baru pada tahun 1999, serial ini ditayangkan dengan judul Kamen Rider Kuuga dan merupakan Kamen Rider pertama di era Heisei.

List Kamen Rider era Heisei (TV series):
1. Kamen Rider Kuuga
2. Kamen Rider Agito
3. Kamen Rider Ryuki
4. Kamen Rider 555 (Faiz)
5. Kamen Rider Blade
6. Kamen Rider Hibiki
7. Kamen Rider Kabuto
8. Kamen Rider Kiva
9. Kamen Rider Decade
10. Kamen Rider W (Double)
11. Kamen Rider OOO (Ozu) - tayang 5 september 2010.

dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More