jatiluwih

jatiluwih

Minggu, 24 Juli 2011

Perkenalan Awal dengan Gus Teja

Sebenarnya saya sudah sejak lama ingin menulis tentang musisi Bali ini. Bermula ketika saya secara tidak sengaja menemukan lagu ini di salah satu warnet dikota denpasar beberapa bulan yang lalu. Folder dengan judul gus teja yang berisi 7 buah lagu (bajakan)kemudian saya kopi ke flash disk saya. Saya perdengarkan sebentar, Lumayan, tapi siapa ini?
Semakin banyak pertanyaan yang bergelayut semakin saya mendengarkan lagu-lagunya, ritmis, mistis dan melankolis.
Siapa sebenarnya orang ini??? tidak banyak info yang saya peroleh dari internet sampai kemudian teman sekantor saya di BPSNT memberi tahu bahwa Gus Teja atau Agus Teja adalah lulusan ISI Denpasar. Dikatakannya bahwa Gus Teja bukanlah seorang siswa yang menonjol dikampus, bahkan kakaknyalah yang lebih dikenal dikampus ISI ketika itu.
Gus Teja, berdasarkan info yang saya peroleh adalah seorang pemuda Hindu Bali kelahiran Junjungan Ubud tahun 1982. Dia merupakan anak terkecil dari 4 bersaudara, dimana kemudian  setamat SMA menimba ilmu di ISI denpasar dari tahun 2000-2004. 
Karier bermusiknya bisa dikatakan mulai tercium pada tahun 2003, dan ditahun 2009 Gus Teja mendirikan Gus Teja World Music. Peluncuran album perdananya dilakukan tahun 2010 dengan judul Rhythm of Paradise, dimana saat ini album ini menjadi banyak incaran pecinta musik instrumental. 
Musik-musik instrumental Gus Teja, sangat dipengaruhi oleh pengalaman pribadinya sebagai seorang Hindu dan pemuda Bali. Misalnya saja lagu Putri Cening Ayu yang juga adalah salah satu lagu favorit saya dari Gus Teja. Lagu lama yang dikemas secara "cantik" membuat siapapun yang mendengarnya pasti akan mengingat masa kecilnya ketika menyanyikan lagu ini. Ritmis.
Gus Teja adalah Gus Teja,seperti halnya Balawan diharapkan bisa membawa pesan Bali dalam setiap permainan musiknya
berikut ini adalah beberapa link yang bisa menghubungkan kita dengan Gus Teja
http://www.facebook.com/pages/Gus-Teja-world-music/268366302583#!/pages/Gus-Teja-world-music/268366302583?sk=info
http://worldmusiccentral.org/artists/artist_page.php?id=8287

1 komentar:

Harmony by Gus Teja... wenten galah malancaran ke www.zomplax87.blogspot.com

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More