jatiluwih

jatiluwih

Kamis, 28 Juli 2011

Penanggalan Sasih


Menurut orang Bali penanggalan sasih dibagi menjadi 12 yang masing-masing sasih memiliki spesialisasi tersendiri. Duabelas sasih itu seperti yang dijelaskan pada lontar lebur gangsa sebagai berikut:
1.      Sasih kasa (Bulan Juli). Pada sasih ini adalah masa musim daun-daunan gugur, binatang bertelur, yang beryoga pada masa ini adalah Bhatara Sri. menurut masa dunia selamat, segalanya dilaksanakan menemui hasil.
2.      Sasih karo (Bulan Agustus). Pada bulan ini dikenal dengan musim tanah kering dan kapuk berdaun. yang beryoga pada masa ini adalah Bhatara Gangga, dimana pada masa ini berada dalam selamat.
3.      Sasih ketiga (Bulan September). Pada bulan ini dikenal dengan musim umbi-umbian dan palawija. yang beryoga pada masa ini adalah Bhatara Wisnu. Dimana dunia selamat, hasil bumi baik dan makmur.
4.      Sasih kapat (Bulan Oktober). Pada bulan ini dikenal dengan musim kapuk berbuah. yang beryoga pada masa ini adalah Bhatara Brahma, dimana akan sering terjadi bencana gempa bumi, binatang mengganggu tumbuh-tumbuhan.
5.      Sasih kelima (Bulan November). Pada bulan ini dikenal dengan musim hujan. yang beryoga pada musim ini adalah Bhatara Iswara. keadaan goncang, banyak orang sakit.
6.      Sasih keenem (Bulan Desember). Pada bulan ini dikenal dengan musim buah-buahan. yang beryoga adalah Bhatara Durga. pada musim ini sering terjadi gempa, banyak penderitaan, wabah menyerang penduduk.
7.      Sasih kepitu (Bulan Januari). Pada bulan ini yang beryoga adalah Bhatara Guru. dimana pada musim ini dikenal dengan musim angin nglinus, banyak kekacauan, rakyat tidak aman.
8.      Sasih kaulu (Bulan Februari). Dikenal dengan musim palawija tumbuh dan binatang berkembang biak. Yang beryoga adalah Bhatara Parameswara, sering terjadi perkelahian.
9.      Sasih kesanga (Bulan Maret). Dikenal dengan musim binatang-binatang kecil berbunyi, yang beryoga pada masa ini adalah Bhatari Uma, tanaman dirusak, rakyat menderita.
10.  Sasih kedasa (Bulan April). Dikenal dengan musim padi dan binatang hamil. Yang beryoga adalah Bhatara Narasinga, negeri aman sentosa.
11.  Sasih jyestha (Bulan Mei). Dikenal dengan musim burung memberi makan anaknya. Yang beryoga adalah Bhatara Sangkara, keadaan tidak tenang, sawah tidak mendapat hasil.
12.  Sasih sada (Bulan Juli). Dikenal dengan musim dingin yang beryoga adalah Bhatara Anantaboga, sering terjadi hura-hura, tanaman tidak menghasilkan

2 komentar:

Mohon di informasikan di kalender sy lihat ada sasih mala jiyestha..sasih ke brp ini? Terimakasih

Mohon di informasikan di kalender sy lihat ada sasih mala jiyestha..sasih ke brp ini? Terimakasih

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More